Februari 06, 2012

Dampak Buruk Dari Gigi Ompong

Masalah gigi ompong bukan hanya merusak penampilan seseorang, melainkan  juga bisa menjadi pemicu gangguan penyakit, terutama pencernaan.
Menurut spesialis prosthodonsia dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Prof Dr drg Suzan Elias, seseorang dengan gigi ompong umumnya mempunyai masalah dengan lambung.
"Ibaratnya kalau kacang harus ditumbuk 10 kali, ini cuma sekali sudah ditelan. Jadi lambung tidak kuat. Oleh karena itu, pada orang yang giginya tidak benar, umumnya lambungnya juga tidak benar,"
Suzan mengatakan, Tanpa adanya suatu susunan gigi yang utuh, seseorang akan mengalami masalah saat proses mengunyah makanan. Akibatnya, apabila dibiarkan terus-menerus, akan berdampak buruk pada organ lambung.
"Tapi itu tidak terjadi seketika. Artinya, dalam jangka panjang. Oleh karena itu, setiap kehilangan gigi, sebaiknya dibuatkan penggantinya. Karena dengan ada penggantinya, pengunyahan akan lebih efektif," paparnya.

Suzan menjelaskan, pada dasarnya ada 4 (empat) alasan penting yang mendasari mengapa orang dengan gigi ompong perlu untuk menggunakan gigi tiruan:
  1. Pertama, memperbaiki estetika
  2.  memperbaiki pengunyahan
  3.  memperbaiki cara bicara dan
  4.  menjaga kelestarian jaringan sekitarnya
"Jadi, kalau ada gigi yang ompong jangan dibiarkan. Harus diganti. Jika tidak, gigi yang lawannya akan turun akibat tidak mempunyai kontak. Begitu pula dengan gigi sebelahnya yang akan menyamping karena tidak ada kontak dengan gigi sebelahnya," terangnya.
Mengingat pentingnya kebutuhan masyakarat akan gigi tiruan, Suzan berharap ke depan pemerintah membuat suatu program khusus untuk mereka yang membutuhkan gigi tiruan agar dapat memperoleh pengobatan di puskesmas.

Sumber: health.kompas.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Yth,

Mas, klo gigi rusak dan bolong dibiarkan, apa akan terus merambat ke jaringan tulang rahang?

Trims.

Angoez's Hasanudin mengatakan...

Gigi berlubang merupakan tempat berkumpul nya sisa makanan, Sisa makanan merupakan sumber energi bagi bakteri. jadi kalo gigi berlubang dibiarkan akan menimbulkan rasa sakit, bengkak dan bernanah(Abses). kalo sudah bernanah bisa merusak jaringan penyangga gigi/tulang rahang....
Gigi berlubang juga bisa menjadi Vocal Infeksi, yaitu sumber terjadinya infeksi ditempat lain.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan