Februari 13, 2012

Pembersihan Karang Gigi (Scalling)

Plak adalah sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Plak mulai mengeras oleh kalsium, fosfor, dan mineral lainnya dari air liur, maka menjadilah karang gigi atau kalkulus.


Akibat dari Karang Gigi

sebagai akibat karang gigi adalah radang gusi,  Tanda-tanda dari radang gusi adalah, gusi berwarna merah, nampak menggembung dan pada keadaan yang parah biasa disertai pendarahan bila disentuh. lebih lanjut lagi karang gigi dapat menyebabkan kerusakan tulang alveolar. Tulang alveolar adalah bagian dari tulang rahang tempat tertanamnya akar gigi. Pada keadaan ini gigi akan goyang. Akibat lain yang tak kalah mengganggu adalah bau mulut yang tidak sedap, atau halitosis.

Pembersihan karang gigi

Karang gigi yang telah terbentuk tidak bisa dihilangkan dengan menggosok gigi biasa,  hanya dapat dihilangkan oleh dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan kombinasi air bertekanan tinggi dan alat pembersih untuk menghilangkan karang gigi tersebut. Dokter gigi menggunakan alat yang disebut scaler

Cara Mencegah Karang Gigi

karang gigi juga dapat dijegah agar tidak muncul pada gigi anda, dibawah ini beberapa langkah untuk mencegah terbentuknya karang gigi:
  1. Jagalah kebersihan mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, hal ini dapat   mencegah pembentukan plak pada permukaan email gigi.
  2. Bersihkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss) atau sikat interdental
  3.  Perbanyaklah minum air putih
  4.  Perbanyaklah makan buah buahan yang berserat
  5.  Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung.
  6.  Lakukan pemeriksaan gigi secara berkala, 6 bulan sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan