Februari 20, 2012

Teknik Menggosok Gigi

 Mencegah terbentuk karang gigi dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi yang benar, Sekurang kurang nya 2x setiap hari, yaitu: pagi hari dan malam sebelum tidur. Berkumur kumur setiap habis makan dan biasakanlah menggunakan Dental Floss (Benang Gigi).

Ada beberapa cara menggosok gigi, Untuk hasil yang maksimal dapat digabungkan beberapa cara berikut ini:


  1. Teknik horizontal yaitu gerakan ke depan dan ke belakang. Cara ini cocok untuk permukaan gigi paling atas / Permukaan Occlusal (Untuk gigi belakang), tidak dapat digunakan pada gigi depan karena dapat mengakibatkan abrasi. 
  2. Teknik bass, Bulu sikat menempel pada permukaan gusi membentuk sudut 45° dengan panjang gigi dan diarahkan ke akar gigi. Untuk rahang atas, bulu sikat digerakkan dari atas kebawah dan untuk rahang bawah dari bawah keatas. Dengan cara demikian dapat membersihkan saku gusi dan dapat memijat tepi gusi.


Jangan gunakan cara menggosok gigi seperti dibawah ini:
1. Teknik vertikal, untuk kedua rahang tertutup lalu gigi di sikat dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Hal ini dapat mengakibatkan Resesi gusi. 
2. Teknik sirkuler, bulu sikat ditempelkan tegak lurus pada permukaan gigi kedua rahang dalam keadaan mengatup sikat gigi digerakan membentuk lingkaran-lingkaran besar sehingga gigi dan gusi rahang atas dan bawah dapat disikat sekaligus , Kekurangannya, bagian sela sela gigi tidak dapat dibersihkan dengan baik


Hal hal yang perlu diperhatikan agar gigi tetap bersih dan sehat :
  1.  Menggosok gigi sekurang kurang nya 2x sehari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur
  2. Sikatlah permukaan Lidah
  3.  Biasakan berkumur kumur air putih setelah makan
  4.  Biasakan menggunakan Dental Floss (Benang Gigi)
  5.  Banyak makan buah atau sayuran yang berserat
  6.  kurangi makan makanan yang mudah menempel di gigi, seperti: Biskuit
  7.  Kurangi makan permen dan coklat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan